Tips dan Cara Mengadakan Lamaran Nikah Yang Sederhana

 Membuat pernyataan serius tentang hubungan adalah alasan mengapa pasangan memilih untuk melamar.

Bagi beberapa orang, lamaran adalah agenda penting sebelum pernikahan untuk mencapai kesepakatan tentang pernikahan mereka.

Dalam Islam, lamaran nikah atau khitbah adalah saat keluarga calon pengantin laki-laki mengunjungi calon pengantin perempuan di rumahnya.

Di sana, calon pengantin laki-laki akan menyatakan keinginannya untuk menikahi calon pengantin perempuan.

Selain itu, momen ini sering dimanfaatkan untuk mengadakan reuni keluarga dan teman dekat, sehingga lamaran nikah sering diadakan seperti pesta besar yang mengundang banyak orang.

Namun, lamaran nikah tidak harus selalu megah dan menghabiskan banyak uang, bisa dibuat hemat seperti memesan undangn pernikahan di nicewedding.id.

Berikut adalah beberapa tips untuk mengadakan lamaran nikah yang sederhana tetapi bermakna!

Tips Mengadakan Acara Lamaran Nikah Yang Simple dan Sederhana

Lamaran nikah memang biasanya membutuhkan biaya yang cukup tinggi tergantung dari dana yang disiapkan oleh kedua pasangan calon pengantin.

Namun, terkadang orang terpaksa menunda lamaran karena ingin mengadakan sebuah pesta yang mewah.

Padahal, lamaran nikah juga dapat dilangsungkan dengan budget yang sederhana.

Berikut adalah tips mengadakan lamaran nikah yang sederhana tetapi bermakna:

Rencanakan Budget

Pertimbangkan dengan cermat budget yang tersedia untuk lamaran nikah. Maksimalkan budget untuk hal-hal yang penting seperti cincin lamaran, dekorasi tempat acara, makanan tamu, transportasi, dan lain-lain.

Tentukan Tempat

Pilihlah tempat yang tepat untuk melangsungkan lamaran nikah. Jika budget terbatas, tempat tinggal bisa menjadi opsi yang lebih murah dan tidak memerlukan persyaratan khusus. Kamu juga bisa menyewa aula atau gedung serbaguna di sekitar lingkungan tempat tinggal. Pastikan dekorasi yang dibuat terkesan menarik dan nyaman.

Batasi Jumlah Tamu

Prioritaskan jumlah tamu undangan agar sesuai dengan budget yang tersedia. Jumlah tamu yang banyak akan memengaruhi biaya yang dikeluarkan. Selain itu, jumlah tamu undangan juga akan memengaruhi lokasi lamaran nikah dan biaya makanan tamu yang harus disiapkan.

Buat Seserahan Sederhana

Seserahan merupakan hal penting pada momen lamaran nikah. Untuk mengadakan lamaran nikah sederhana, Kamu dapat mengurus seserahan sendiri dengan bantuan keluarga agar lebih hemat.

Siapkan Makanan

Kamu dapat menyiapkan makanan sendiri dengan bantuan keluarga daripada menyewa jasa katering yang mahal. Namun, jika tidak memungkinkan, Kamu bisa menyewa jasa katering sederhana. Pilihlah makanan utama dan dessert secukupnya untuk meminimalisir biaya yang dikeluarkan.

Membuat Dekorasi

Membuat lamaran nikah sederhana tak melulu harus mengeluarkan biaya yang mahal, salah satu caranya adalah dengan membuat dekorasi yang unik dan kreatif dari kemampuan sendiri bersama pasangan.

Kreativitas yang dimiliki kedua mempelai bisa menghasilkan tema lamaran yang unik dan tak biasa, sehingga tak perlu mengeluarkan banyak biaya hanya untuk memilih berbagai dekorasi dari jasa orang lain.

Kamu bisa memanfaatkan barang atau tanaman di sekitar untuk dijadikan dekorasi yang cantik dan elegan.

Contohnya, Kamu bisa memanfaatkan daun palem kering untuk menciptakan tema lamaran yang didominasi warna lembut dan menawan. Dengan begitu, Kamu bisa menghemat biaya lamaran dan tetap menciptakan momen yang indah dan tak terlupakan.

Tahapan Acara Lamaran Nikah Pada Umumnya

Berikut ini adalah tahapan acara lamaran nikah yang umum dilakukan yang perlu kamu ketahui :

Kedatangan Keluarga Calon Mempelai Laki-laki

Rangkaian acara lamaran dimulai dengan kedatangan keluarga beserta calon mempelai laki-laki ke rumah calon mempelai perempuan. Rombongan ini biasanya terdiri dari keluarga besar dan didampingi oleh kerabat dan tetangga, serta membawa seserahan untuk melamar calon mempelai perempuan. Pihak keluarga calon mempelai perempuan akan dengan hangat menyambut kedatangan rombongan tersebut dan mempersilahkan mereka untuk masuk ke ruangan tempat acara lamaran akan berlangsung.

Pembukaan Lamaran

Acara pembukaan lamaran dipandu oleh seorang MC yang biasanya dipilih dari keluarga calon mempelai perempuan atau ditunjuk oleh keluarga tersebut. Setelah menyambut kedatangan rombongan calon mempelai laki-laki, MC akan membacakan susunan acara lamaran dan menanyakan maksud dan tujuan kedatangan rombongan.

Penyampaian Maksud dan Tujuan Kedatangan Rombongan

Penyampaian maksud dan tujuan kedatangan rombongan calon mempelai laki-laki menjadi inti dari acara lamaran. Perwakilan dari keluarga calon mempelai laki-laki akan menyampaikan niat lamarannya kepada calon mempelai perempuan dan meminta kesediaan keluarga calon mempelai perempuan untuk menikahkan putra putrinya.

Pemberian Jawaban dari Calon Mempelai Perempuan

Pada tahap ini, pembawa acara akan mempersilahkan perwakilan dari pihak calon mempelai wanita untuk memberikan jawaban atas lamaran dari pihak calon mempelai pria. Perwakilan dari keluarga calon mempelai perempuan akan menyambut baik lamaran tersebut.

Penyerahan Seserahan

Setelah lamaran resmi diterima oleh keluarga calon mempelai perempuan, maka rombongan calon mempelai laki-laki akan menyerahkan seserahan sebagai tanda simbolis dari keseriusannya. Seserahan ini bisa berupa benda atau hal lainnya yang memiliki arti penting bagi calon mempelai perempuan.

Tukar Cincin

Acara tukar cincin biasanya dianggap sebagai simbolis dan bukan suatu keharusan pada tahapan-tahapan lamaran. Namun jika acara tukar cincin dilakukan, maka biasanya dilakukan dengan pemasangan cincin oleh ibu dari calon mempelai laki-laki pada calon mempelai perempuan, dan dilanjutkan dengan pemasangan cincin oleh ibu dari calon mempelai perempuan pada calon mempelai laki-laki.

Sesi Perkenalan Antar Keluarga Calon Mempelai

Sesi perkenalan antar keluarga calon mempelai dapat dianggap sebagai acara santai untuk meningkatkan keakraban antar keluarga. Pada sesi ini, setiap keluarga calon mempelai memperkenalkan diri satu per satu untuk mempererat hubungan dan keakraban antar keluarga, serta berbincang-bincang.

Sesi Penutupan

Sesi penutupan merupakan akhir dari acara lamaran yang dilakukan oleh calon mempelai laki-laki. Pada sesi ini, acara ditutup dan doa dibacakan untuk kelancaran pernikahan yang akan datang. Doa ini dapat dibacakan oleh perwakilan dari salah satu keluarga atau diundangnya ustad atau pemuka agama khusus.

Sesi Foto Bersama

Sesi foto bersama dilakukan setelah sesi penutupan. Selain untuk mengabadikan momen sakral lamaran, kedua keluarga juga dapat menyimpan kenangan ini sepanjang hidupnya.

Sesi Makan Bersama

Sesi makan bersama menjadi sangat penting dalam acara lamaran karena selain memenuhi kebutuhan makan tamu, juga menjadi waktu yang tepat untuk kedua keluarga berbincang secara lebih intim dan saling mengenal.

Balasan dari Pihak Mempelai Perempuan

Setelah semua sesi selesai dilakukan mulai dari pembukaan sampai penutupan, keluarga calon mempelai perempuan akan memberi balasan seserahan kepada keluarga calon mempelai laki-laki. Dengan diberikannya balasan seserahan ini, dapat dikatakan bahwa proses lamaran telah selesai dilakukan.

Contoh Isi Hantaran Nikah Yang Umum Diberikan

Selain mengetahui informasi tentang tips mengadakan acara lamaran nikah dan tahapannya, kamu juga harus memikirkan hantaran lamaran yang dibawa. Berikut ini ada beberapa contoh hantaran lamaran nikah yang umumnya dibawa :

  • Perlengkapan Ibadah
  • Setelan Pakaian
  • Perhiasan
  • Skincare
  • Makeup
  • Tas
  • Sepatu
  • Perlengkapan Mandi
  • Peralatan Tidur
  • Perawatan Tubuh
  • Cincin
  • Makanan dan Buah-buahan
  • Perlengkapan Rumah Tangga
  • Perlengkapan Hobi
  • Daun Sirih atau Suruh Ayu

Sekian itulah yang dapat kami sampaikan tentang tips dan cara mengadakan lamaran nikah yang perlu kamu ketahui, semoga bermanfaat.

Comments